RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ...
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII/I
Materi pokok :
Operasi Himpunan
Alokasi Waktu :
menit (satu pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Mensyukuri berbagai jenis flora dan fauna yang
diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1 Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
|
2.1.1
Terlibat aktif dalam pembelajaran operasi pada himpunan.
|
3.1 Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan
dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
|
3.1.1
Menentukan komplemen dari suatu himpunan.
3.1.2
Menentukan selisih dari dua himpunan.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
peserta didik diharapkan terlibat aktif dalam pembelajaran operasi himpunan dan
peserta didik mampu:
1. Menentukan
komplemen dari suatu himpunan.
2. Menentukan
selisih dari dua himpunan.
D.
Materi
Pembelajaran
Operasi pada himpunan yang meliputi:
1. Komplemen
(Complement)
2. Selisih
(Difference)
(Lampiran
1)
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan saintifik meliputi:
a. Mengamati
b. Menanya
c. Mengumpulkan
informasi/Mencoba
d. Menalar/Mengasosiasi
e. Mengomunikasikan
Model
: Problem Based Learning (PBL)
Metode
: Diskusi dan tanya jawab
F. Media Pembelajaran
1. LCD
Proyektor
2. Power
point
G. Sumber Belajar
1. Buku
Siswa Matematika SMP/MTs
Kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi
2014 hal 144 – 151.
2. Buku
Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru datang
ke kelas tepat waktu.
2.
Guru membuka
pelajaran dengan memberikan salam.
3. Guru
memimpin doa sebelum memulai pelajaran matematika.
4. Guru mengecek
kehadiran dari setiap peserta didik.
5.
Guru menyiapkan
kondisi fisik peserta didik dengan mengecek kerapian peserta didik dan
kebersihan kelas.
6. Guru
memotivasi peserta didik dengan memberikan gambaran tentang pentingnya memahami
operasi komplemen dan selisih pada himpunan.
Dengan mempelajari materi himpunan kita dapat mensyukuri
berbagai jenis flora dan fauna yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang
dapat dikelompokkan berdasarkan ciri-ciri dari setiap flora dan fauna. (ppt slide 2)
7. Guru
menyampaikan apersepsi yaitu mengenai operasi irisan pada himpunan. (Ppt slide 3)
8. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan
Inti
1. Guru
memberikan suatu permasalahan dalam bentuk soal kontekstual. (slide 4)
2. Peserta
didik mencermati permasalahan yang diberikan guru. (Mengamati, Fase 1 PBL)
3. Peserta
didik membuat pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diamati.
(Menanya)
4. Apabila
peserta didik tidak bertanya maka guru memberikan pertanyaan yang dapat
memancing peserta didik untuk bertanya. (Menanya)
a. Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa
yang terpikir dalam benak kalian?
b. Coba buatlah pertanyaan yang berhubungan dengan himpunan yang
anggotanya bukan himpunan A dan B!.
5. Secara
berpasangan dengan teman sebangku peserta didik mencari dan menuliskan
informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi apa yang diketahui dan
apa yang ditanyakan. (Mengumpulkan
informasi, Fase 2 PBL)
6. Guru
membimbing peserta didik untuk mengumpulkan informasi pada permasalahan. (Fase 3 PBL)
7. Peserta
didik diberikan kesempatan untuk mengerjakan permasalahan yang diberikan bersama
dengan teman sebelahnya. (Menalar)
8. Selama
peserta didik mengerjakan permasalahan yang diberikan, guru mendampingi dan
mengarahkan jika ada peserta didik yang pekerjaannya tidak sesuai dengan
konsep.
9. Guru
menunjuk beberapa peserta didik untuk mempresentasikan hasil dari pekerjannya.
(Mengomunikasikan, Fase 4 PBL)
10. Guru
membahas hasil presentasi yang dilakukan oleh peserta didik. (Fase 5 PBL)
Kegiatan Penutup
1. Dengan tanya jawab guru menyimpulkan dan
menyampaikan kembali cara menentukan komplemen dari suatu himpunan dan menentukan
selisih dari dua himpunan.
2. Peserta
didik membuat rangkuman dengan didampingi oleh guru.
3.
Guru membagikan soal kuis ( lampiran 3 ) untuk dikerjakan peserta
didik secara individu.
4. Guru memberikan PR kepada peserta didik untuk
dikerjakan dirumah sebagai latihan mandiri pada buku siswa hal 160 nomor
1,2,3,7 dan 10.
5.
Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu sifat-sifat
operasi himpunan.
6. Guru mengakhiri kegiatan belajar.
I.
Penilaian
1.
Sikap
sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi/Pengamatan
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Pengamatan (Lampiran 2).
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian: Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Menentukan komplemen
dari suatu himpunan.
|
1,2,3
|
2.
|
Menentukan selisih
dari dua himpunan.
|
4,5
|
Instrumen: lihat Lampiran 3.
No comments:
Post a Comment