Saturday 19 March 2016

RPP Operasi Himpunan Kurikulum 2013

Hai Guys berhubung admin belum nulis sinopsis Descendants of the Sun episode 7 dan 8, jadi admin mau posting RPP ini. Buat kalian yang cari-cari contoh RPP simak postingan ini ya?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                  : SMP ...
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/Semester      : VII/I
Materi pokok         : Operasi Himpunan
Alokasi Waktu       :  menit (satu pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1        Mensyukuri berbagai jenis flora dan fauna yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.1.1        Terlibat aktif dalam pembelajaran operasi pada himpunan.

3.1  Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
3.1.1        Menentukan komplemen dari suatu himpunan.
3.1.2        Menentukan selisih dari dua himpunan.


C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta didik diharapkan terlibat aktif dalam pembelajaran operasi himpunan dan peserta didik mampu:
1.      Menentukan komplemen dari suatu himpunan.
2.      Menentukan selisih dari dua himpunan.

D.    Materi Pembelajaran
Operasi pada himpunan yang meliputi:
1.      Komplemen (Complement)
2.      Selisih (Difference)
(Lampiran 1)

E.     Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan saintifik meliputi:
a.       Mengamati
b.      Menanya
c.       Mengumpulkan informasi/Mencoba
d.      Menalar/Mengasosiasi
e.       Mengomunikasikan
Model : Problem Based Learning (PBL)
Metode : Diskusi dan tanya jawab
F.     Media Pembelajaran
1.      LCD Proyektor
2.      Power point
G.    Sumber Belajar
1.      Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi 2014 hal 144 – 151.
2.      Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1.    Guru datang ke kelas tepat waktu.
2.   Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam.
3.    Guru memimpin doa sebelum memulai pelajaran matematika.
4.    Guru mengecek kehadiran dari setiap peserta didik.
5.   Guru menyiapkan kondisi fisik peserta didik dengan mengecek kerapian peserta didik dan kebersihan kelas.
6.    Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan gambaran tentang pentingnya memahami operasi komplemen dan selisih pada himpunan.
Dengan mempelajari materi himpunan kita dapat mensyukuri berbagai jenis flora dan fauna yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang dapat dikelompokkan berdasarkan ciri-ciri dari setiap flora dan fauna. (ppt slide 2)
7.    Guru menyampaikan apersepsi yaitu mengenai operasi irisan pada himpunan. (Ppt slide 3)
8.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
1.      Guru memberikan suatu permasalahan dalam bentuk soal kontekstual. (slide 4)
2.      Peserta didik mencermati permasalahan yang diberikan guru. (Mengamati, Fase 1 PBL)
3.      Peserta didik membuat pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diamati. (Menanya)
4.      Apabila peserta didik tidak bertanya maka guru memberikan pertanyaan yang dapat memancing peserta didik untuk bertanya. (Menanya)
a.       Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?
b.      Coba buatlah pertanyaan   yang berhubungan dengan himpunan yang anggotanya bukan himpunan A dan B!.
5.      Secara berpasangan dengan teman sebangku peserta didik mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. (Mengumpulkan informasi, Fase 2 PBL)
6.      Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan informasi pada permasalahan. (Fase 3 PBL)
7.      Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengerjakan permasalahan yang diberikan bersama dengan teman sebelahnya. (Menalar)
8.      Selama peserta didik mengerjakan permasalahan yang diberikan, guru mendampingi dan mengarahkan jika ada peserta didik yang pekerjaannya tidak sesuai dengan konsep.
9.      Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk mempresentasikan hasil dari pekerjannya. (Mengomunikasikan, Fase 4 PBL)
10.  Guru membahas hasil presentasi yang dilakukan oleh peserta didik. (Fase 5 PBL)
Kegiatan Penutup
1.      Dengan tanya jawab guru menyimpulkan dan menyampaikan kembali cara menentukan komplemen dari suatu himpunan dan menentukan selisih dari dua himpunan.
2.      Peserta didik membuat rangkuman dengan didampingi oleh guru.
3.     Guru membagikan soal kuis ( lampiran 3 ) untuk dikerjakan peserta didik secara individu.
4.      Guru memberikan PR kepada peserta didik untuk dikerjakan dirumah sebagai latihan mandiri pada buku siswa hal 160 nomor 1,2,3,7 dan 10.
5.       Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu sifat-sifat operasi himpunan.
6.      Guru mengakhiri kegiatan belajar.

I.       Penilaian
1.         Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian: Observasi/Pengamatan
b.        Bentuk Instrumen: Lembar Pengamatan (Lampiran 2).
2.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
                                   c.            Kisi-kisi:

No.
Indikator
Butir Instrumen
    1.             
Menentukan komplemen dari suatu himpunan.
1,2,3
    2.             
Menentukan selisih dari dua himpunan.
4,5
 Instrumen: lihat Lampiran 3.




No comments:

Post a Comment