RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ...
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VIII/I
Materi pokok :
Sistem Koordinat
Alokasi Waktu : 40 menit (satu pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Merasa
bersyukur kepada Tuhan yang memberi kesempatan mempelajari kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar sistem koordinat.
1.1.2
Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran
Tuhan setelah mempelajari sistem koordinat.
|
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
|
2.2.1
Menunjukkan sikap ingin tahu pada materi matematika
yang diajarkan.
2.2.2
Berani presentasi di depan kelas.
2.2.3
Berani bertanya atau menjawab pertanyaan.
|
3.10 Menggunakan koordinat Cartesius dalam
menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu.
|
3.10.1. Menentukan kedudukan titik terhadap
sumbu-X dan sumbu-Y.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta
didik diharapkan terlibat aktif dalam pembelajaran sistem koordinat dan peserta
didik mampu menentukan kedudukan titik terhadap sumbu
x dan sumbu y.
D.
Materi
Pembelajaran
Kedudukan titik dan garis terhadap
sumbu-sumbu Koordinat. (Buku Matematika Guru dan Siswa Kurikulum 2013)
(Lampiran
1)
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan saintifik meliputi:
a. Mengamati
b. Menanya
c. Mengumpulkan
informasi/Mencoba
d. Menalar/Mengasosiasi
e. Mengomunikasikan
Model
: Problem Based Learning (PBL)
a. Fase-1
: Orientasi siswa kepada masalah
b. Fase-2
: Mengorganisasikan siswa
c. Fase-3
: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
d. Fase-4
: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
e. Fase-5
: Menghasilkan dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Metode
: Diskusi dan tanya jawab
F. Media Pembelajaran
1. LCD
Proyektor
2. Power
point
G. Sumber Belajar
1. Buku
Siswa Matematika SMP/MTs
Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 hal. 5 – 11.
2. Buku
Guru Matematika SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru
datang ke kelas tepat waktu.
2.
Guru membuka
pelajaran dengan memberikan salam.
3. Guru
memimpin doa sebelum memulai pelajaran matematika.
4. Guru mengecek
kehadiran dari setiap peserta didik.
5.
Guru menyiapkan
kondisi fisik peserta didik dengan mengecek kerapian peserta didik dan
kebersihan kelas.
6. Guru
memotivasi peserta didik dengan memberikan gambaran tentang pentingnya memahami
sistem koordinat. Misalnya: Seorang pilot pesawat terbang atau nahkoda dapat
mengetahui posisi mereka ketika berada di pesawat atau kapal dengan menggunakan
sistem koordinat. Selain itu, dengan mempelajari sistem koordinat kita dapat
membaca peta. (ppt slide 3-6).
7. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
8. Guru
menyampaikan apersepsi yaitu mengenai bidang koordinat. (slide 7).
Kegiatan
Inti
1. Guru
memberikan suatu permasalahan dalam bentuk soal kontekstual. (slide 8)
2. Peserta
didik mencermati permasalahan yang diberikan guru. (Mengamati, Fase 1 PBL)
3. Peserta
didik membuat pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diamati.
(Menanya)
4. Apabila
peserta didik tidak bertanya maka guru memberikan pertanyaan yang dapat
memancing peserta didik untuk bertanya. (Menanya)
a.
Setelah membaca
dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?
5. Guru
mengelompokkan peserta didik dalam kelompok kecil yang atas 3-4 orang. (Fase 2 PBL)
6. Guru
membagikan LKPD kepada kelompok untuk penyelidikan guna memperoleh informasi
yang berkaitan dengan sistem koordinat untuk menentukkan kedudukan titik
terhadap sumbu x dan sumbu y. (Lampiran
2)
7. Guru
membimbing peserta didik untuk mengerjakan LKPD guna melakukan penyelidikan dan
mengumpulkan informasi dalam menentukkan kedudukan titik terhadap sumbu x dan
sumbu y. (Mengumpulkan informasi, Fase 3 PBL)
8. Peserta
didik diberikan kesempatan untuk mengerjakan permasalahan yang diberikan
bersama dengan kelompoknya. (Menalar)
9. Selama
peserta didik mengerjakan permasalahan yang diberikan, guru mendampingi dan
mengarahkan jika ada peserta didik yang pekerjaannya tidak sesuai dengan
konsep.
10. Guru
menunjuk beberapa peserta didik untuk mempresentasikan hasil dari pekerjannya.
(Mengomunikasikan, Fase 4 PBL)
11. Guru
membahas hasil presentasi yang dilakukan oleh peserta didik dengan tanya jawab.
(Fase 5 PBL)
Kegiatan Penutup
1. Dengan tanya jawab guru menyimpulkan dan
menyampaikan kembali cara menentukan kedudukan
titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y.
2. Peserta
didik membuat rangkuman dengan didampingi oleh guru.
3.
Guru membagikan soal kuis ( lampiran 3 ) untuk dikerjakan peserta
didik secara individu.
4. Guru memberikan PR kepada peserta didik untuk
dikerjakan dirumah sebagai latihan mandiri pada buku siswa hal 11 nomor 1-8.
5.
Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu menentukkan posisi
titik terhadap titik asal O(0,0) dan terhadap titik tertentu.
6. Guru mengakhiri kegiatan belajar.
I.
Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi.
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi.
c.
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Merasa bersyukur kepada Tuhan
yang memberi kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan
sehari-hari melalui belajar sistem koordinat.
|
|
|
|
|
2
|
Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran
Tuhan setelah mempelajari sistem koordinat.
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
d. Instrumen :
Lembar observasi (Lampiran 4)
e. Petunjuk penghitungan Skor (Lampiran 4)
2. Kompetensi Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menunjukkan
sikap ingin tahu pada materi
matematika yang diajarkan.
|
|
|
|
|
2
|
Berani presentasi didepan kelas
|
|
|
|
|
3
|
Berani bertanya atau
menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
d.
Instrumen : Lembar
observasi (Lampiran 5)
e.
Petunjuk penghitungan Skor (Lampiran 5)
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Menentukan
kedudukan titik terhadap sumbu x dan sumbu y.
|
1,2
|
d. Instrumen : (Lampiran
6)
e.
Petunjuk penghitungan Skor (Lampiran 6)
Kepala
Sekolah
………………………
NIP.
|
Semarang,
……………………..
Guru
Mata Pelajaran
Nur
Istikhomah
NIM.
4101413050
|
Untuk perangkat pembelajaran dan lampirannya dapt diunduh di sini
boleh minta power pointnya??
ReplyDeletewah mohon maaf saya baru buka blog lagi ini
DeleteBoleh minta Power point dan lampirannya???
DeleteMakasih sebelumnya
Saya boleh minta ppt beserta lampiran-lampirannya ?
ReplyDeleteSangat membantu, guru yang masih mulai menapak bisa jd lebih baik dlm membangun kemampuan anak didik calon penerus masa depan bangsa
ReplyDelete