Monday 8 February 2016

CARA MEMASUKAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA DENGAN MUDAH DENGAN MENGGUNAKAN REFERENCES PADA MICROSOFT WORD



Kalian pasti sering mendapat tugas membuat makalah, artikel atau mungkin membuat karya tulis atau yang lainnya bukan? Tentu dalam membuatnya juga terdapat daftar pustaka maupun citation(yang biasanya dalam artikel atau karya tulis lainnya menurut (nama pengarang:tahun)). Untuk lebih mudah dalam memasukkan citation maupun daftar pustaka di karya tulismu kali ini saya akan membagikan tipsnya. Di microsoft word ada menu References, tips ini akan memanfaatkan menu tersebut. Oke langsung saja simak langkah-langkah berikut ini:


      1. Klik menu References, lalu pilih style yang akan kita gunakan. Biasanya style Harvard tidak ada di m.word 2010 maka kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. Cari di google ada banyak, ketikan harvard xml pada google. Lalu copas di program files-microsoft office-office14-Bibliography-Style.
     
  







1.       Setelah memilih style yang digunakan kemudian pilih insert citation-add new source. Lalu muncul seperti pada gambar di bawah ini. Isikan sesuai sumber yang kamu gunakan. 


Contoh:




1.       Setelah selesai input data sumber, lalu kita bisa menggunakannya baik untuk citation maupun daftar pustaka. Jika untuk citation maka pilih insert citation, kemudian akan muncul sumber yang telah diinpukan. Klik citation dengan sumber yang akan digunakan tersebut.
 
Hasilnya:







1.       Kemudian jika untuk daftar pustaka maka pilih Bibliography-Insert Bibliography.
 
Hasilnya:








SELESAI............
Mudah kan? Selamat memahami kalimat tips2 di atas ya? Mohon maaf jika kurang jelas. Untuk bertanya bisa masukan ke kolom komentar. Terimakasih ^-^
 




No comments:

Post a Comment