Monday 22 December 2014

ANALISIS FILM 3 IDIOT



TUGAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN
ANALISIS TEORI BELAJAR DALAM FILM 3 IDIOT

Tokoh 3 Idiot:
1. Ranchoddas Shyamaldas Chanchad (Rancho) / Phunsuk Wangdhu
2. Farhan Qureshi (Farhan)
3. Rastogi Raju (Raju)
4. Chatur

Analisis:
1. Tokoh Rancho menganut teori belajar Humanistik karena tokoh Rancho memiliki pendapat bahwa system pendidikan yang menurutnya benar yaitu pendidikan bukan hanya mencari nilai semata tetapi harus ada ilmu pengetahuan yang didapatkan serta mengedepankan minat dan kreativitas peserta didik. Rancho merupakan mahasiswa yang kritis. Dalam sebuah kelas Rancho pernah mengkritisi salah satu dosen yang menuntut siswa harus dapat menjelaskan materi kuliah persis seperti yang terdapat dalam buku. Rancho memiliki dua teman yaitu Farhan dan Raju. Meskipun teman-temannya tidak medapat nilai bagus seperti dirinya, ia berusaha mendukung teman-temannya untuk memilih perkerjaan sesuai dengan passion atau kemampuan mereka. Rancho menjadi lulusan terbaik ICE ( Imperial Collage of Engineering) yang merupakan universitas nomor satu di India. Setelah lulus Rancho atau Phunsuk Wangdhu menjadi seorang ilmuwan yang terkenal kemudian ia mendedikasikan dirinya menjadi guru di sebuah sekolah yang mengedepankan minat dan kreativitas peserta didik.


2. Farhan kuliah bersama – sama dengan Rancho. Tetapi ia selalu mendapatkan nilai yang jelek dan selalu menjadi urutan yang terahir. Hal ini terjadi karena ia kuliah tidak dengan kemauan dan kemampuannya sendiri. Farhan kuliah mengambil jurusan teknik karena permintaan atau paksaan dari orang tuanya sehingga ia tidak menguasai materi yang disampaikan oleh dosen. Farhan memiliki bakat fotografi, saat Rancho mengetahui hal tersebut kemudian Rancho mendukung Farhan untuk tidak melanjutkan sekolah tekniknya dan mengejar cita – citanya menjadi seorang fotografi. Awalnya Farhan ragu untuk membicarakannya dengan Ayahnya yang tidak menyetujui keinginannnya tapi kemudian ia tetap terus menjelaskan kepada ayahnya bahwa ia tidak bias belajar hal yang tidak dimengerti olehnya dan tidak memiliki minat dan bakan terhadap teknik. Kemudian ayahnya menyetujuinya dan Farhan memilih pilihannya sendiri. Dari penjelasan tersebut maka Farhan menganut teori belajar Humanistik karena sesuai dengan keinginannya sendiri.

3. Raju Rastogi memiliki keinginan yang besar untuk bisa sukses dan dapat membiayai seluruh kebutuhan dari keluarganya akan tetapi ia juga memiliki ketakutan yang besar akan kegagalannya. Oleh karena itu, dalam belajar Raju tidak focus dengan apa yang ia pelajari. Suatu hari ia bertanya kepada temannya Rancho bahwa Raju menyukai tentang mesin tapi kenapa ia selalu mendapatkan nilai yang jelek. Kemudian Rancho menjawab bahwa Raju merasa terbebani dan terlalu takut akan kegagalan dalam membahagiakan keluarganya. Kemudian sadar akan hal tersebut, dan ia termotivasi untuk belajar memperoleh pengetahuan. Saat Viru seorang dosen ICE yang ingin menggagalkan ujian kelulusan Raju, lalu teman dan anak viru membantunya mencuri jawaban dari soal yang diberikan oleh Viru tetapi Raju menolaknya. Ia tidak takut gagal lagi karena ia sadar bahwa yang dilakukan temannya itu salah dan ia ingin berusaha dengan kemampuannya sendiri. Dari penjelasan tersebut Raju menganut teori Kognitif karena ia memiliki motivasi dengan pengetahuan yang didapat.

4. Tokoh Chatur menganut teori belajar Behavioristik karena ia mengetahui reward yang akan di dapatnya sehinngga ia rajin belajar meskipun teks book dan tidak mengembangkan kemampuan dirinya. Di dalam ICE saat ujian akhir setiap mahasiswa yang memiliki peringkat tertinggi maka saat foto bersama maka ia menduduki tempat disamping rektor sedangkan peringkat terendah akan duduk di bangku paling belakang. Dengan adanya hal tersebut maka Chatur sangat termotivasi untuk menjadi terbaik agar bias menduduki kursi paling depan disamping seorang rektor. Hal tersebut merupakan suatu reward dari hasil belajar. Dalam film 3 Idiot ini selain reward foto bersama urut berdasarkan peringkat juga ada reward dari Viru yang merupakan dosen sekaligus rektor ICE yang akan memberikan sebuah pulpen dari dosennya yang dulu kepada mahasiswa terbaik. Chatur sangat termotivasi dari hal tersebut tetapi ia tidak mendapatknnya karena yang mendapat pulpen tersebut yaitu Rancho. Dengan motivasi belajar untuk mendapatkan suatu reward maka hal tersebut termasuk ke dalam teori belajar Behavioristik.c

No comments:

Post a Comment